Sabtu, 24 Oktober 2015

CARA UNJA MENERIMA MAHASISWA BARU



UNJA merupakan universitas dimana dulu saya pernah menjadi mahasiswi yang banyak menimba ilmu baik dalam keilmuan maupun dalam keorganisasian.bagi adik-adik yang mw masuk UNJA saya senang sekali mudah-mudahan bisa suksek lebih dari saya.

Sekilas Tentang Universitas Jambi (UNJA)

Universitas Jambi atau yang disingkat UNJA adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Jambi, Indonesia. Universitas Jambi (UNJA) didirikan pada 23 Maret 1963 yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963. Jenjang pendidikan yang dapat ditempuh di Universitas Jambi adalah jenjang Diploma III, Sarjana, dan Magister.

Universitas Jambi (UNJA) pada saat ini telah memiliki 10 Fakultas yaitu : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Teknologi Pertanian. Sementara itu

Program Pascasarjana Universitas Jambi (Unja) antara lain : Program Magister Teknologi Pendidikan, Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Magister Ilmu Hukum, Program Magister Ekonomika Pembangunan, Program Magister Manajemen, Program Magister Agribisnis, dan Program Magister Ilmu Peternakan.
    

Itulah sedikit informasi tentang Universitas Jambi (UNJA). Semoga bisa memberikan gambaran awal bagi anda serta bisa menambah wawasan kita semua. Baik kita kembali melanjutkan pembahasan kita tentang jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Jambi (UNJA).

Pada tahun ini, Universitas Jambi (UNJA) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur SLM/Mandiri UNJA, Jalur UMB PT/SPMB, dan Jalur Bidikmisi. Jalur-jalur tersebutlah yang akan menjadi jalan bagi anda untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut.

Dengan jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka anda mempunyai kesempatan yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiwa Universitas Jambi (UNJA). Namun, perlu diingat bahwa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi agar bisa masuk dengan lancar sesuai harapan. Persiapan yang bisa dilakukan bisa berupa belajar mengerjakan soal-soal seleksi masuk Universitas Jambi (UNJA).

Ayo kita simak pembahasan masing-masing jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Jambi (UNJA) berikut ini.

A. Pendaftaran Online SNMPTN UNJA 2015/2016

SNMPTN atau yang disebut juga dengan jalur undangan merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolah yang dilihat dari nilai raport dan prestasi lainnya. Untuk siswa yang tidak bisa mengikuti jalur ini  maka bisa mengikuti jalur seleksi lainnya.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online dengan tata cara berikut ini.
  1. Siswa pendaftar login ke www.snmptn.ac.id.
  2. Siswa pendaftar login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
  3. Siswa pendaftar melakukan pengisian data dengan lengkap. Saat memilih Universitas, Pilih UNJA.
  4. Siswa pendaftar mencetak kartu tanda peserta ujian.
  5. Siswa pendaftar membawa kartu tersebut saat ujian.
Informasi lebih lengkap mengenai jadwal pelaksanaan, tahapan seleksi, daftar perguruan tinggi lainnya, jumlah PTN yang bisa dipilih, serta ketentuan lain bisa dibaca dengan klik DISINI.

B. Pendaftaran Online SBMPTN UNJA 2015/2016

SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai kualitas yang baik. Ujian SBMPTN dilakukan secara bersamaan di Indonesia untuk seluruh perguruan tinggi yang tergabung dalam SBMPTN. Ujian yang dilakukan terdiri dari ujian tertulis untuk semua peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang mengambil program studi Seni dan Olahraga.

Pendaftaran online SBMPTN dilakukan melalui tahapan berikut ini.
  1. Peserta login ke www.sbmptn.or.id.
  2. Peserta login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan setelah membayar di Bank.
  3. Selanjutnya melakukan pengisian data, saat memilih Universitas, Pilih UNJA.
  4. Peserta mencetak kartu tanda peserta.
  5. Peserta membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian.
Penting.!! Peserta yang mendaftar bidikmisi tidak harus membayar di Bank untuk mendapatkan KAP dan PIN, karena KAP dan PIN bisa didapatkan setelah mengisi data pendaftaran Bidikmisi.

Informasi mengenai jadwal pelaksanaan, kelompok ujian, materi ujian, nama-nama PTN, dan informasi yang berkaitan lainnya bisa dibaca DISINI.

3. Pendaftaran Online Jalur UMB PT/SPMB UNJA 2015/2016

UMB PT adalah jalur seleksi mandiri nusantara. UNJA adalah salah satu universitas yang tergabung dengan P-SPMBN atau Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara. Pendaftaran Online dilakukan 24 jam pada 8 juni - 31 juli melalui situs resmi SPMB yaitu www.spmb.or.id. Biaya seleksi ditanggung oleh pendaftar SPMB yang bisa dibayar melalui Bank BNI melalui Teller BNI, Internet Banking BNI Personal, dan TM Bank BNI. Informasi lebih lengkap lainnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya atau klik DISINI.

4. Pendaftaran Online Jalur SLM UNJA 2015/2016

SLM UNJA atau Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang didasarkan pada Ujian Tulis yang diselenggarakan secara lokal oleh Panitia Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi. Program pendidikan yang ditawarkan pada jalur ini adalah Program Doktor, Magister, S1 Reguler, S1 Reguler Mandiri dan Program Vokasi (D III dan D IV). Peserta yang bisa mendaftarkan diri mengikuti program ini adalah peserta lulusan 5 tahun kebelakang dihitung dari tahun ini. Informasi selanjutnya dapat dilihat di  http://slm.unja.ac.id/.

5. Pendaftaran Online Bidikmisi UNJA 2015/2016

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang mempunyai keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Informasi mengenai persyaratan, prosedur, jadwal dan lainnya bisa dilihat dengan klik DISINI.

Demikian Informasi yang bisa admin berikan kali ini. Semoga bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan pendaftaran online Universitas Jambi (UNJA). Jangan lupa untuk mempersiapkan diri anda, terus belajar. Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi. Terima kasih telah membaca disini. Salam sukses untuk semua.

"SERTAKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH INI"

1 komentar:

  1. mohon bagi pengunjung memberikan komentar atas blog yang saya miliki...trimakasih atas kunjungan.:)

    BalasHapus

Ads Inside Post